Minggu, 15 April 2012

Segala sesuatu tergantung niat

"Innamal a'malu bin niyyat" semua amal hanyalah tergantung pada niatnya.

Dari hadits tersebut saya ingin pada artikel saya yang pertama ini saya niatkan untuk berbagi ilmu yang pernah saya pelajari walaupun itu sedikit tetapi diharapkan dapat bermanfaat bagi agan-agan sekalian. Semoga apa yang saya niatkan akan bernilai ibadah dan mendapat pahala untuk tabungan kelak di akhirat.

Kembali pada topik. Pengertian niat

secara bahasa adalah maksud dan

keinginan hati untuk melakukan

sesuatu.

Sedangkan menurut syariat niat adalah keinginan atau maksud hati untuk melakukan ibadah baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunnah.

Dalam melaksanakan ibadah niat merupakan hal pertama yang wajib kita lakukan. Misalkan dalam melaksanakan sholat, jika kita sudah melafalkan niat maka sholat yang kita kerjakan itu sah.begitupun sebaliknya jika kita lupa atau sengaja tidak melakukan niat maka sholat yang kita kerjakan tersebut tidak sah dan tidak mendapatkan pahala apapun. Dengan kata lain segala amal ibadah yang kita lakukan tetapi tidak diiringi dengan niat maka amal tersebut akan sia-sia.

Niat juga membedakan kualitas pahala seseorang. Misalkan seseorang datang ke masjid pada saat sebelum waktunya sholat. Ia memutuskan duduk di serambi masjid sambil menunggu waktu sholat. Apabila ia duduk dan tidak melakukan niat apapun maka duduk orang tersebut dianggap hanya duduk biasa dan tidak mendapatkan pahala. Beda jika orang tersebut duduk dan berniat untuk i'tikaf maka orang tersebut akan mendapatkan pahala.

Contoh lain seseorang pergi bekerja, sebelum pergi bekerja ia berniat untuk mencari nafkah untuk menghidupi anak dan istrinya dan ia niatkan pekerjaan tersebut sebagai ibadah. Maka ia akan mendapatkan gaji plus pahala karena ia juga berniat untuk ibadah. Akan tetapi jika ia hanya niat untuk bekerja saja maka ia hanya mendapatkan gaji atau upah saja sebagai imbalan ia bekerja tetapi tidak mendapatkan pahala karena ia tidak berniat untuk ibadah.

Alangkah baiknya jika segala sesuatu yang kita lakukan didasari dengan niat ibadah supaya yang kita lakukan mendapat nilai lebih dari pahala yang kita dapatkan.

Segala sesuatu jika niatnya baik maka hasilnya akan baik. Sebaliknya jika segala sesuatu jika niatnya jelek maka hasilnya akan jelek.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada artikel saya ini. Semoga ada guna dan manfaat bagi agan-agan sekalian. Kritik dan saran bisa agan tulis di kolom komentar. Hal tersebut sangat saya butuhkan guna perkembangan blog ini.

Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar